Unit Keamanan Kampus IPB

Kampus Aman Nyaman dan Tentram

 

Tentang UKK

UNIT KEAMANAN KAMPUS (UKK) IPB

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Unit Keamanan Kampus adalah unit pelaksana teknis yang dibentuk IPB untuk melaksanakan tugas pengamanan phisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan atau kawasan kerja Institut Pertanian Bogor.

Adalah suatu keniscayaan bila sebuah unit kerja di sebuah institusi ternama turut bergerak dinamis menjawab tantangan zaman. Demikian pula Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB.

Unit Keamanan Kampus melaksanakan tugas keamanan dan ketertiban lingkungan internal kampus dengan fungsi pelaksanakan kegiatan pengamanan lingkungan internal kampus mencakup keamanan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan. pelaksanaan pengembangan ketertiban lingkungan kampus mengacu pada tata tertib kehidupan kampus, Pelaksanaan pengembangan tata tertib lalu lintas di dalam kampus sesuai dengan peraturan yang ditetapkan IPB dan pelaksanaan koordinasi dan kerja sama dengan kepolisian dan pihak terkait lainnya dalam mendukung keamanan dan ketertiban lingkungan kampus.

Peranan Satuan Pengamanan (Satpam) dirasakan sama pentingnya dengan unit-unit kerja lain yang berada di Institut Pertanian Bogor. Luasnya wilayah kerja, jumlah satpam yang masih belum sebanding dengan tingkat kerawanan wilayah, sarana yang minim, tingkat kesejahteraan satpam yang belum memadai, kepedulian masyarakat di sekitar kampus yang masih rendah merupakan hambatan yang mengakibatkan kinerja Satpam belum bisa maksimal.

Mengingat keterbatasan yang ada, maka kepedulian seluruh civitas akademika IPB, unit kerja dan pengguna kampus IPB tentang keamanan dirasakan sangat menunjang tugas satpam dalam melaksanakan tugas pengamanan sehari-hari. Kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk melaporkan kejadian-kejadian perkara sangat diharapkan sebagai bahan tindak lanjut.