Unit Keamanan Kampus IPB

Kampus Aman Nyaman dan Tentram

 

PELATIHAN SATPAM UKK–IPB

 

OLYMPUS DIGITAL CAMERAOLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Unit Keamanan Kapus IPB berdasarkan Undang-undang nomor 2 tahun 2002 dan Peraturan Kapolri nomor 24 Tahun 2007. Mengamanatkan bahwa security merupakan Pengaman Internal yang mempunyaitugas dan kewenangan Kepolisian terbatas di lingkungan kerjanya. Oleh Karena itu, setiap anggota pengamanan perlu atau harus dididik agar mampu melaksanakan kewenangan Kepolisian tersebut. Pendidikan Dasar Satpam merupakan kebutuhan yang harus direalisasikan.

Kegiatan pelatihan ini dapat dilaksanakan :

A. Pelatihan Bersertifikat

Satpam Unit Keamanan Kampus IPB mengirim anggota untuk mengikuti pelatihan pengamanan ke perusahan diklat satpam yang boleh mengeluarkan sertifikat dari Kepolisian, dengan tujuan agar satpam memiliki:
1. Sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan dasar sebagai pelaksanan tugas satpam
2. Agar mampu melaksanakan kewenangan kepolisian terbatas dilingkungan kerjanya secara benar dan professional
3. Meningkatkan pengetahuan Satpam Unit Keamanan Kampus IPB tentang interpersonal skill, etika profesi, tugas pokok, fungsi dan peranan Satpam, Kemampuan Kepolisian Terbatas, Beladiri, Pengenalan Bahan Peledak, Barang Berharga dan Latihan Menembak, Pengetahuan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif Lainnya, Penggunaan Tongkat Polri dan Borgol, Pengetahuan Baris Berbaris dan Penghormatan. Dengan sasaran dari pelaksanaan kegiatan ini adalah mempersiapkan Satpam Unit Keamanan Kampus IPB agar berperan sebagai unsure pembantu pimpinan/institusi di bidang keamamanan dan ketertiban lingkungan kerja dan unsure pembantu Kepolisian Negara di bidang penegakan hukum dan waspada keamanan ( security minded ) di lingkungan kerjanya. Adapun lingkup kegiatan pelatihan adalah :

a. Pendidikan Dasar Security “GadaPratama”, merupakan pelatihan dasar wajib bagi calon anggota satpam. Lama pelatihan adalah 3 minggu, Materi pelatihan antara lain : Tes Kesamaptaan Jasmani, Pemeriksaan Kesehatan, Pengenalan Lemdik, Tugas Pokok Fungsi dan Peranan Satpam, sikap dan perilaku satpam, Etika Profesi, Penggunaan Alat Komunikasi, Pertolongan Pertama Gawat Darurat, Inter Personal Skill, Psikologi Massa, Team Building, Turjawali, Pengenalan Senjata Api dan Bahan Peledak, Penggetahuan Narkotika, Tindakan Pertama di Tempat Perkara, Penangkapan dan Penggeledahan, Dasar-dasar Polmas, Dasar-dasar Intelijen.

b. Pendidikan Lanjutan Security “GadaMadya” merupakan pelatihan bagi anggota satpam untuk mendidika calaon dan/atau pimpinan pengamanan internal agar memiliki sikap mental kepribadian kesamaptaan fisik dan memiliki pengetahuan dan keterampilan manajerial tingkat dasar sehingga mampu memimpin serta mengorganisir anggotanya untuk melaksakan Tugas dan kewenangan kepolisian di lingkungan kerjanya serta benar dan professional. Lama pelatihan 10 hari, Materi pelatihan antara lain : Kepemimpinan lapangan & Pengorganisasian Pengamanan, Kapita selekta Hukum dan HAM, Patroli keamanan dalam, Intelijen untuk deteksi dini, Pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patrol, pelayanan prima, Community Development, etikaprofesi, Dasar-dasar polmas, Psikologi massa, pengetahuan narkoba dan psikotropika, Dasar – dasar negosiasi, TP TKP dan BAP/Pemeriksaan, serta pembuatan laporanin formasi, inter personal skill, beladiri praktis dan team building.

Keluaran (output) yang ingin dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah tersedianya Satpam yang berkompeten dalam bidang keamanan dan bersertifikat.

Pelatihan dilaksanakan dengan mengirim secara bertahap. sampai dengan Akhir tahun 2015 Unit keamanan Kampus baru memiliki 60 orang satpam yang bersertifikat. diharapkan setiap tahun satpam yang bersertifikat bertambah.

B. Pelatihan Penyegaran

Pelatihan Penyegaran Satpam, merupakan pelatihan penyegaran yang dilaksanakan dengan metode pelatihan melalui ceramah, drill, pemberian tugas, tanya jawab dan peragaan. Pelatihan ini selalu dilaksanakan oleh seluruh anggota satpam setiap tahun, yang dilakukan dengan mengundan trainer dari kepolisian, TNI dan yang berkompeten dibidang keamanan degan tujuan untuk memotivaasi anggota.

 

 

No Responses to “PELATIHAN SATPAM UKK–IPB”

 

Leave a Reply