Unit Keamanan Kampus IPB

Kampus Aman Nyaman dan Tentram

 

Pelaksanaan

PELAKSANAAN TUGAS UNIT KEAMANAN KAMPUS (UKK) IPB

Sasaran dan Target Kegiatan Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB

Dengan wilayah IPB yang sangat luas, jumlah mahasiswa, dosen dan tenaga penunjang yang sangat banyak, maka sasaran yang ingin dicapai dan target kegiatan Unit Keamanan Kampus IPB adalah :

1.       Keamanan seluruh wilayah dan aset penting IPB

2.       Kenyamanan seluruh stakeholder IPB

 

Pembagian Wilayah Tugas

Dalam pelaksanaan tugasnya, UKK – IPB menerapkan pembagian wilayah kerja dengan sistem kluster. Pada masing-masing klusterditunjuk satu orang koordinator untuk mengkoordinir wilayah kerjanya yang dibantu oleh tiga orang ketua regu jaga.

 

 

Pembagian Waktu Tugas

UKK – IPB bertugas menjaga keamanan dan ketertiban dan memberikan pelayanan selama 24 jam. Maka dalam melaksanakan tugasnya, UKK – IPB membagi waktu tugas menjadi 2 shift dengan pola pengaturan setiap regunya bertugas selama 12 jam. Rotasi tugas jaga dilakukan secara berkala.

 

Standar Operational Prosedure (SOP)

UKK – IPB bertugas dengan Prosedur Operasional Standar yang telah ditetapkan secara internal. Setiap penanganan permasalahan di wilayah kerja mengikuti SOP tersebut sehingga mengurangi resiko, meningkatkan kedisiplinan, memudahkan koordinasi dan mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat.

 

Seragam Satpam

Dalam melaksanakan tugasnya, petugas UKK – IPB dilengkapi dengan seragam satpam yang sesuai dengan ketentuan yang dituangkan dalam Surat Keputusan Nopol : SKEP / 74 / IV / 1981 tentang pakaian seragam Satuan Pengamanan yang terdiri dari PDH (Pakaian Dinas Harian) atau GAM 1 dan PDL (Pakaian Dinas Lapang) atau GAM 2. Selain mengacu pada surat keputusan tersebut, UKK – IPB  memberikan aturan dalam penggunaan seragam PDH yang disesuaikan dengan kebutuhan yaitu pakaian dinas harian yang berwarna hitam.

Alat Transportasi

Untuk mendukung pelaksanaan tugas di lapangan, anggota UKK – IPB  dilengkapi dengan sarana transportasi berupa 1 buah mobil patroli dan 3  buah sepeda motor.

Alat Komunikasi

Dengan cakupan wilayah tugas yang sangat luas dan jarak antar pos yang berjauhan, maka dalam pelaksanaan tugas diperlukan sarana penunjang lain yaitu alat komunikasi berupa HT, Radio Komunikasi (RIG ), telepon dan air phone.


 

Sarana lain

Sarana lain yang diperlukan untuk pelaksaaan tugas diantaranya adalah :

a.      Mobil pemadam kebakaran

 

b.    Tabung pemadam kebakaran

c.    Senter

d.   Pentungan

e.   Borgol

f.    Pisau

g.   Dan alat-alat penunjang lain yang sewaktu-waktu dibutuhkan