Unit Keamanan Kampus IPB

Kampus Aman Nyaman dan Tentram

 

Pengembangan

PENGEMBANGAN UNIT KEAMANAN KAMPUS (UKK) IPB

Untuk mengantisipasi tuntutan dan perubahan masa depan, maka pengembangan Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB ditetapkan berdasarkan visinya.

 

Sentralisasi Keamanan

Sentralisasi keamanan adalah sebuah upaya dari IPB untuk menggabungkan seluruh sistem pengelolaan keamanan yang masih dikelola oleh masing-masing unit kerja yang ada di wilayah IPB.

Upaya sentralisasi ini diawali dengan diselenggarakannya rapat pembahasan oleh Direktorat SDM dan Administrasi Umum yang mengundang seluruh komponen yang bertanggung jawab tentang keamanan di seluruh unit kerja yang berada di Institut Pertanian Bogor pada bulan Februari 2005. Penggabungan pengelolaan keamanan sampai saat ini terus diupayakan sehingga diharapkan sentralisasi bisa dilaksanakan secara penuh. Dengan sentralisasi ini sistem koordinasi, sistem kerja, efisiensi dan efektifitas kerja, serta pola pembinaan dapat lebih mudah dan terpusat.

 

Pelatihan Kesamaptaan

Untuk meningkatkan kualitas kesamaptaan dan meningkatkan kemampuan kerja sehingga menghasilkan petugas-petugas yang terampil sesuai yang diinginkan oleh pimpinan dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh warga kampus IPB, maka UKK – IPB memberikan pembinaan melalui program pelatihan. Pelatihan dari pihak UKK-IPB sendiri, diselenggarakan bekerjasama dengan Direktorat SDM dan Administrasi Umum IPB dengan mengundang pihak kepolisian sebagai pemberi materi pelatihan. Direktorat SDM dan Administrasi Umum IPB juga membekali anggota UKK – IPB dengan pelatihan tentang pelayanan prima guna melengkapi program pelatihan tentang kesamaptaan.

Pada dasarnya, seluruh petugas satpam UKK-IPB telah mengikuti program pelatihan baik dasar maupun lanjutan. Sampai dengan akhir tahun 2015, dipastikan 100% anggota satpam UKK-IPB telah mengikuti pelatihan kesamaptaan dan pelayanan.

Selain pelatihan yang bersifat dasar maupun lanjutan, ada juga program pelatihan yang khusus diperuntukkan oleh anggota UKK IPB seperti pelatihan Intelligence Security, Investigation Security, Jihandak (penjinak bahan peledak ) dan pelatihan anjing pelacak baik yang diadakan oleh kepolisian maupun dengan mengirimkan anggota UKK IPB ke kepolisian.

Berikut ini adalah beberapa pelatihan yang pernah diikuti anggota UKK IPB :

  1. Pelatihan Dasar Kesatpaman tanggal 2-7 Januari dan 6-12 Agustus 2007
  2. Pelatihan Intelligence Security tanggal 7-13 Maret 2007 dan 22 Mei 2008
  3. Pelatihan Agen Perubahan tanggal 14 Juli 2007
  4. Pelatihan Pelayanan Prima  tanggal 17 Juli 2007
  5. Pelatihan Mauntaineering dan Repling tanggal 1 Agustus 2007
  6. Pengiriman satpam kediklat lido (satpam bersertifikat) tahun 2014
  7. Pengiriman satpam kediklat lido (satpam bersertifikat) tahun 2015
  8. Pemilihan Satpam Berprestasi tingkat UKK 2015

Program pelatihan tersebut terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Diharapkan dari hasil pelatihan tersebut dapat menghasilkan petugas yang berkualitas untuk mendukung program kerja Institut Pertanian Bogor.

 

 

Pelatihan Damkar (Pemadam Kebakaran)

Untuk meningkatkan ketrampilan anggota Satpam dalam menangani kebakaran, Direktorat Fasilitas dan Properti serta Unit Keamanan Kampus IPB bekerja sama dalam mengadakan pelatihan pengoperasian mobil pemadam kebakaran. Diharapkan dengan kegiatan ini, anggota Satpam siap menangani setiap kejadian pencegahan yang memerlukan mobil pemadam kebakaran.

Penyegaran

Selain program pelatihan yang diadakan secara bertahap, Unit Keamanan Kampus IPB juga mengadakan penyegaran yang terjadwal. Penyegaran yang berupa kegiatan fisik dan outbond bertujuan mendukung kesiapan, kecakapan, ketangkasan dan ketrampilan Satpam dalam menjalankan tugasnya. Diharapkan dengan kegiatan tersebut, ilmu yang sudah didapatkan selama mengikuti pelatihan dapat terus diterapkan dalam tugasnya secara optimal.

Beberapa kegiatan penyegaran dan outbond yang pernah diadakan :

  1. Outbound internal : gelombang I tanggal 5-6 April dan gelombang II tanggal  15-16 April 2007
  2. Penyegaran Satpam : gelombang I tanggal 22-24 Juni dan gelombang II tanggal 29-31 Juni  2007
  3. Penyegaran Satpam 2008 : 5 Januari, 11 April dan 16 Agustus 2008
  4. Penyegaran Satpam 2009 : 21 Maret dan 16 Mei 2009
  5. Penyegaran Satpam 2010 : 29 Juni dan 1 Juli 2010
  6. Penyegaran satpam 2014  di situmeang cisarua
  7. Penyegaran satpam 2015  di tegal waru cinangneng : 17 Desember dan 19 desember 2015

 

Peningkatan Kemitraan dengan Pihak Terkait

Tanggung jawab memelihara keamanan dan kenyamanan di wilayah kampus IPB, tak bisa dilaksanakan tanpa dukungan masyarakat dan pihak-pihak terkait. Sehingga Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB merasa perlu untuk terus menjaga dan meningkatkan kemitraan tersebut secara kontinyu.

Dalam beberapa agenda kegiatan, Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB selalu mengundang kehadiran pimpinan Kepolisian dan KORAMIL di wilayah kampus. Kerjasama juga dilakukan melalui pelatihan – pelatihan yang diprogramkan hingga pelaksanaan tugas di lapangan. Sinergi dengan pihak berwenang secara optimal diharapkan mampu menjaga kualitas dan kinerja pelayanan.

Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB juga bermitra dengan warga kampus dan masyarakat sekitar. Dalam beberapa operasi razia ketertiban, organisasi mahasiswa dan tokoh masyarakat turut dilibatkan. Memang belum cukup banyak, namun peran serta ini terbuka untuk terus ditingkatkan. Keterlibatan tersebut diharapkan mampu meredam potensi kerawanan secara memadai.

 

Pelayanan Stiker

Salah satu pengembangan layanan di Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB adalah pelayanan striker kendaraan bermotor. Stiker ini merupakan tanda pengenal bagi kendaraan warga kampus IPB. Tujuan adanya stiker ini adalah untuk membantu pengendalian keamanan dengan meregistrasi kendaraan warga kampus IPB.

Bagi mahasiswa, stiker bisa didapatkan dengan melampirkan foto copy KTM dan STNK kendaraan. Sedangkan bagi pegawai atau dosen, selain foto copy kartu pegawai dan STNK kendaraaan, juga melampirkan surat pengantar dari unit kerja.

Stiker bisa diperoleh langsung di Kantor UKK IPB setiap hari kerja. Setelah memenuhi persyaratan, stiker bagi mahasiswa, pegawai dan dosen dapat diperoleh GRATIS, FREE, TIDAK DIPUNGUT BIAYA.

Bagi mitra kerja IPB, stiker juga bisa didapatkan dengan melampirkan surat rekomendasi dari unit kerja yang bekerjasama dengan mitra. Persyaratan lain adalah foto copy identitas dan STNK kendaraan. Stiker bagi mitra kerja IPB dikenakan biaya registrasi Rp 200.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 100.000 untuk kendaraan roda dua.