Unit Keamanan Kampus IPB

Kampus Aman Nyaman dan Tentram

 

Profil

Satuan Pengamanan merupakan perwujudan dari kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja.

Dilatarbelakangi oleh peranan Satuan Pengamanan sebagai pembantu pimpinan dalam pembinaan keamanan dan ketertiban umum di bidang penegakan hukum  dan lingkungan di kawasan kerjanya, maka diperlukan adanya peningkatan upaya antisipasi dalam rangka menciptakan situasi keamanan yang kondusif didukung oleh Satuan Pengamanan yang profesional dan berkualitas untuk menjawab tuntutan kebutuhan keamanan yang semakin kompleks.

 

VISI UNIT KEAMANAN KAMPUS IPB

Unit Keamanan Kampus IPB sebagai unit kerja yang memberikan pelayanan keamanan yang profesional agar tercipta situasi aman yang berkelanjutan.

 

MISI UNIT KEAMANAN KAMPUS IPB

Mengacu kepada Visi Unit Keamanan Kampus IPB yaitu terwujudnya satpam yang profesional, maka di rumuskan dalam beberapa pernyataan sebagai berikut :

  1. Penyelenggaraan layanan keamanan yang berkualitas berkemampuan mengembangkan dan  menerapkan kesatpaman yang baik.
  2. Pengembangan kemampuan satpam dalam menjalankan tugas.
  3. Pembenahan manajemen satpam yang berorientasi pada mutu profesionalisme dan keterbukaan sehingga mampu memberikan layanan prima.
  4. Penggerak kepedulian terhadap aset-aset IPB agar tetap dapat untuk dan terpelihara serta mencegah penjarahan.

 

SEJARAH UNIT KEAMANAN KAMPUS IPB

Sejak masa kepemimpinan Rektor IPB pertama sampai dengan kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Andi Hakim Nasution (alm) tahun 1980, petugas keamanan di IPB masih berstatus centeng dengan koordinator Tato Sutiarto. Setelah turun surat keputusan Presiden, disusul surat keputusan dari Kapolri pada tahun 1983 tentang pembentukan kesatpaman, maka dibentuklah satuan pengamanan yang resmi di Institut Pertanian Bogor pada tahun 1984. Satuan Pengamanan tersebut dikenal dengan nama MATRIK (Markas Distrik) IPB, dan yang pertama menjadi  Kepala MATRIK adalah Ir. Jiteng Rujito. Satuan pengamanan tersebut kemudian berada dalam koordinasi Bagian Rumah Tangga IPB yang dipimpin oleh Jumait (alm). Nama MATRIK ini dipakai pada masa kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Sitanala Arsyad tahun 1987-1996 dan masa kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Soleh Solahudin tahun 1996-1998 dengan tetap dikepalai oleh Ir. Jiteng Rujito.

Pada masa kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Ir.  Aman Wirakartakusumah, M.Sc. tahun 1998-2002, satuan pengamanan IPB berubah nama. Dari semula MATRIK menjadi unit kerja bernama UPT PLK (Unit Pelaksana Teknis Pengamanan Lingkungan Kampus). Unit ini dikepalai oleh Drs. Kuwat Santoso.

Pada tahun 2003, saat pergantian kepemimpinan ke Rektor Prof. Dr. Ir. A. A. Matjik, M.Sc i, UPT  PLK  berganti nama menjadi Unit Keamanan Kampus (UKK) . Dengan dipimpin oleh Drs. Subagio, M.M. sampai dengan tahun 2013, tahun 2013 sampai sekarang dipimpin oleh Toto Mustopa, S.IP, M.Si

PROFIL PEJABAT UKK

N a m a     :  Toto Mustopa, S.IP, M.Si

Lahir         :  Bogor, 14 Mei 1967

Riwayat Sekolah :

  1. SD di Bogor
  2. SMP di Bogor
  3. STM Jurusan Bangunan di Bogor
  4. S1 Jurusan Administrasi Negara
  5. S2 Ilmu Ekonomi konsentrasi Pembangunan Sumberdaya di Bogor

Riwayat Pekerjaan :

Tahun 1989 PNS IPB  – Sekarang

Riwayat Jabatan :

  1. Tahun 2006 – 2008 Kasi Fasilitas Kantor Direktorat Fasilitas Properti IPB
  2. Tahun 2008 – 2013 Kasubdit Pengelolaan fasilitas Direktorat Fasilitas Properti IPB
  3. Tahun 2013 – Sekarah Kepala Unit Keamanan kampus IPB

DSC01991

N a m a     :  Sutopo, SE, MM

Lahir         :  Playen

Riwayat Sekolah :

  1. SD di Playen Yogyakarta
  2. SMP di Playen Yogyakarta
  3. SMEA di Bogor
  4. S1 Jurusan Ekonomi di Bogor
  5. S2 Magister Manejmen di Bogor

Riwayat Pekerjaan :

Tahun 1989 – Sekarang PNS IPB

Riwayat Jabatan :

Tahun 2003 – Sekarang Wakil Kepala UKK Bidang Administrasi

DSC01987

N a m a     :  Ining Gunawan

Lahir         :  Bogor

Riwayat Sekolah :

  1. SD di Bogor
  2. SMP di bogor
  3. SMA di Bogor

Riwayan Pekerjaan

Tahun 2005 – Sekarang PNS IPB

Riwayat Jabatan :

Tahun 20012 – Sekarang Wakil Kepala UKK Bidang Operasional

 

STRUKTUR UNIT KEAMANAN KAMPUS IPB

 


Wakil Kepala Administrasi (Waka Administrasi)

Tugas dari Waka Administrasi adalah membantu tugas dari Kepala UKK-IPB  di bidang administrasi, melayani dan menangani masalah-masalah administrasi kepegawaian secara umum.Kinerja Waka Administrasi didukung staf keuangan/bendahara, staf administrasi kepegawaian dan staf logistik.

Wakil Kepala Bidang Operasional (Waka Operasional )

Tugas dari Waka Operasional adalah membantu tugas dari Kepala UKK-IPB di bidang operasional lapangan, mengendalikan semua kondisi keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah kampus IPB, melakukan pembinaan dan penjadwalan tugas koordinator, ketua regu dan anggota serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Secara berjenjang Waka Operasional memimpin para Koordinator yang membantu tugas Waka Operasional di masing-masing klaster. Tiap Koordinator memimpin ketua regu yang mengontrol tugas Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (TURJAWALI) serta Pelayanan anggota UKK – IPB di lapangan.