Unit Keamanan Kampus IPB

Kampus Aman Nyaman dan Tentram

 

Tupoksi

PERATURAN MAJELIS WALI AMANAT IPB NO.08/MWA-IPB/2014
TUGAS DAN FUNGSI UNIT KEAMANAN KAMPUS

1. Unit Keamanan Kampus melaksanakan tugas keamanan    dan ketertiban lingkungan internal kampus
2. Unit Keamanan Kampus melaksanakan fungsi :
a. Perencanaan dan pengembangan system pengamanan kampus
b. Perencanaan dan pengembangan sumberdaya pengamanan kampus
c. Pembinaan dan pengembangan tenaga satuan pengamanan
d. Pelaksanaan kegiatan pengamanan lingkungan internal kampus mencakup keamanan mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan penunjang pendidikan
e. Pelaksanaan pengembangan ketertiban lingkungan kampus mengacu pada tata tertib kehidupan kampus
f. Pelaksanaan pengembangan tata tertib lalu lintas di dalam kampus sesuai dengan peraturan yang ditetapkan IPB dan
g. Pelaksanaan koordinasi dan kerja sama dengan kepolisian dan pihak terkait lainnya dalam mendukung keamanan dan ketertiban lingkungan kampus.

Satpam merupakan perwujudan dari kesadaran dan tanggung jawab masyarakat dalam menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Mereka berperan sebagai unsur pembantu pimpinan dalam pembinaan keamanan dan ketertiban umum di bidang penegakan hukum di lingkungan dan kawasan kerja.

Tugas Pokok Satpam secara umum adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan Institut Pertanian Bogor khususnya pengamanan fisik (physical security) yang meliputi Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (TURJAWALI) serta Pelayanan.

Fungsi Unit Keamanan Kampus IPB adalah menyelenggarakan segala usaha dan kegiatan melindungi dan mengamankan lingkungan atau kawasan kerja IPB.

Fungsi Pengaturan

Dalam menjalankan fungsi pokoknya yaitu melakukan pengaturan, Satpam mempunyai tugas :

  1. Mengatur tata tertib parkir kendaraan roda dua di setiap tempat parkir yang sudah ditentukan
  2. Petugas Retribusi mengatur tata tertib parkir kendaraan roda empat dengan memberikan tanda parkir berupa karcis pada saat kendaraan memasuki pintu masuk Institut Pertanian Bogor.
  3. Pengaturan Rambu-rambu lalulintas di dalam wilayah kampus IPB, baik berupa rambu-rambu peringatan maupun rambu-rambu larangan, melakukan teguran kepada pengendara sepeda motor dan tukang ojek agar mengatur knalpotnya supaya tidak bising.
  4. Pengaturan tanda pengenal.
  5. Pengaturan keluar masuknya semua jenis barang yang harus dilengkapi dengan surat pengantar dari unit kerja masing-masing atau surat jalan yang membolehkan mengangkut barang.

 

Fungsi Penjagaan

Penjagaan adalah salah satu tugas dari keamanan yang dilakukan ditempat-tempat penting/tertentu baik bersifat tetap maupun sementara, dengan tugas pokok memelihara keamanan dan ketertiban umum serta mencegah terhadap terjadinya penyimpangan-penyimpangan sosial, pelanggaran-pelanggaran peraturan hukum dan perundangan serta berbagai tindak pidana.

Jenis Pos Penjagaan

a.    Pos Pintu Gerbang

Yang dimaksud dengan pos pintu gerbang adalah pos-pos yang dilalui oleh kendaraan yang keluar masuk   kampus IPB.

b.   Pos Gedung

Yang dimaksud dengan pos gedung adalah pos-pos yang ada disetiap gedung fakultas maupun departemen dan gedung-gedung lain.

c.    Pos Lapang

Yang dimaksud dengan pos lapang adalah pos-pos yang berada di lab-lab lapang di wilayah kampus IPB.